Stamet Ahmad Yani Semarang

PROSES TERJADINYA HUJAN

Hujan Frontal
Hujan frontal adalah hujan yang terjadi di daerah front, yang disebabkan oleh pertemuan dua massa udara yang berbeda suhunya. Massa udara panas/lembab bertemu dengan massa udara dingin/padat sehingga berkondensasi dan terjadilah hujan.

http://2.bp.blogspot.com/_Tn_lxYYbH_o/ScQ-B32cTEI/AAAAAAAAADw/nUIM12Db_o4/s320/Hujan+Front.jpg

Hujan Zenithal/ Ekuatorial/ Konveksi.
Jenis hujan ini terjadi karena udara naik disebabkan adanya pemanasan tinggi. Terdapat di daerah tropis antara 23,5o LU - 23,5o LS. Oleh karena itu disebut juga hujan naik tropis. Arus konveksi menyebabkan uap air di ekuator naik secara vertikal sebagai akibat pemanasan air laut terus menerus. Terjadilah kondensasi dan turun hujan. Itulah sebabnya jenis hujan ini dinamakan juga hujan ekuatorial atau hujan konveksi. Disebut juga hujan zenithal karena pada umumnya hujan terjadi pada waktu matahari melalui zenit daerah itu. Semua tempat di daerah tropis itu mendapat dua kali hujan zenithal dalam satu tahun.

http://3.bp.blogspot.com/_Tn_lxYYbH_o/ScQ-SjPi1NI/AAAAAAAAAD4/YXbV-mIrd_w/s320/Angin+pasat.jpg

Hujan Orografis/Hujan Naik Pegunungan
Terjadi karena udara yang mengandung uap air dipaksa oleh angin mendaki lereng pegunungan yang makin ke atas makin dingin sehingga terjadi kondensasi, terbentuklah awan dan jatuh sebagai hujan. Hujan yang jatuh pada lereng yang dilaluinya disebut hujan orografis, sedangkan di lereng sebelahnya bertiup angin jatuh yang kering dan disebut daerah bayangan hujan.

http://2.bp.blogspot.com/_Tn_lxYYbH_o/ScQ-7WZOKHI/AAAAAAAAAEI/HgHP2qvtzGM/s320/Hujan+orografis.jpg